Rabu, 30 November 2011

13 Sanggar Ramaikan Festival Kemasan Seni

source : www.kotabogor.go.id

Rabu, 30 November 2011
ImageSebanyak 13 sanggar yang berada di Kota Bogor mengikuti festival kemasan seni se – Kota Bogor tahun 2011 yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor di Gedung Kamuning Gading, Rabu (30/11/2011).
 
Festival dibuka Asisten Tata Praja Kota Bogor Ade Syarif Hidayat bersama Dewan Kesenian Kota Bogor Sambas Bratasonjaya dan penyelenggara Kabid Kesbudayaan di Pariwisatan dan Kebudayaan Kota Bogor R. Susilowati dengan menabuh buyung

Walikota Bogor dalam sambutannya disampaikan Asisten Tata Praja Kota Bogor Ade Syarif Hidayat, mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah upaya berkesinambungan yang dilakukan pemerintah Kota Bogor melalui bidang Kebudayaan dan Pariwisata, untuk melakukan pembinaan kesenian daerah di Kota Bogor.

Salah satu upaya yang gencar dilakukan pemerintah Kota Bogor adalah memberi kesempatan yang lebih luas kepada para duta budaya Kota Bogor untuk tampil unjuk kebolehan diberbagai kegiatan nasional maupun internasional.

Diani berharap, para seniman di Kota Bogor dapat memiliki kesempatan untuk menunjukan hasil kreasinya di bidang seni dan budaya. Pada akhirnya, kesempatan tersebut akan membuat para seniman Kota Bogor dapat lebih bersemangat dalam menemukan berbagai kreasi karya seni yang mungkin dapat diciptakan dan dapat menghibur masyarakat serta mendekatkan mereka dengan kesenian tradisonal.

Hal itu melandsasi pelaksanaan festival kemasan seni pertunjukan yang telah dilaksanakan untuk kali ke empat. Pemerintah Kota Bogor berharap kegiatan dapat menggali seluruh potensi seni yang ada di Kota Bogor. Harapan ini tentu saja seiring dengan harapan bahwa kegiatan ini akan menemukan sesuatu yang unik bagi sebuah seni pertunjukan dari semua peserta festival.
       
Image

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor  R. Susilowati mengatakan, festival digelar guna melestarikan dan mengembangkan seni budaya daerah yang menjadi kewajiban semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, pihak swasta, lembaga dan pihak lainnya.

“Ini adalah program pembinaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor guna melestarikan kesenian daerah melalui festival kemasan seni pertunjukan Se Kota Bogor Tahun 2011, dengan sasaran sanggar-sanggar seni dan siswa-siswi SMA/SMK Se-Kota Bogor, “ungkap Susi.

Kegiatan festival, kata Susi, bertujuan untuk meningkatkan produktifitas, kreatifitas dan kualitas para pelaku seni,  meningkatkan pengetahuan wawasan dan apresiasi budaya antara pelaku seni, pemerintah, masyarakat termasuk para pelajar.

  Disamping itu sebagai bentuk apresiasi masyarakat dan pelajar terhadap kesenian daerah serta menjalin kerjasama, bertukar pengalaman sesama pelaku seni dan pelajar.

Susi menambahkan, festival akan digelar hingga Kamis 1 Desember 2011, dengan mendatangkan Tim 3 orang juri, dua dari Bandung, dan satu orang dari Bogor.  Ketiga juri tersebut adalah Wiwik Sipala S.Sejen M. Hum (Bogor), Udi Supriadi S.Sn (Bandung) dan Bambang Aryana Sambas S.Seni (Bandung)  (gus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar