Istana Bogor Open di Hari Pertama Capai 3.500 Orang
Bogor (ANTARA News) - Antusias warga untuk dapat masuk Istana Bogor cukup tinggi, dan hal itu terlihat dari hari pertama pendaftaran "Istana Bogor Open" tercatat sebanyak 3.500 orang.

"Dari pukul 08:30 WIB hingga pukul 14:30 WIB jumlah orang yang mendaftar sudah 3.500 orang," ujar Koodinator pendaftaran Heti Heriyati, kepada ANTARA News, Senin.

Heti menyebutkan kebanyakan para pendaftar berasal dari berbagai kalangan, masyarakat umum, istansi pemerintahan, sekolah dan karyawan swasta.

"Mereka banyak yang daftar kebanyakan rombongan, sampai 300 orang juga ada," sebutnya.

Mereka yang sudah mendaftar, kata Heti berasal dari kawasan Bogor dan sekitarnya, yang paling jauh datang dari Lampung sebanyak 300 siswa SMA yang berencana akan datang melihat Istana pada hari pertama yakni tanggal 14 Juni.

"Pemesan pertama yang paling jauh datang dari Lampung, yakni siswa SMA sebanyak 300 orang. Mereka mendaftar melalui telepon langsung ke kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata," ungkap Heti.

Heti mengatakan, seperti tahun para pengunjung tidak hanya berasal dari Bogor saja, ada dari Jabodetabek, dari luar Pulau Jawa, bahkan ada beberapa turis mancanegara yang ikut mendaftar.

Seperti tahun lalu, sebanyak 46.700 pengujung "Istana Bogor Open" diantaranya ada wisatawan dari Rusia, Jeman, Inggris dan Belanda.

Istana Open digelar selama satu minggu dibagi dua sesi, yakni dari tanggal 14 - 17 Juni 2010, dan 21 - 23 Juni 2010.

"Kunjungan hanya dilakukan dari hari Senin sampai Kamis saja. Pada Jumat, Sabtu dan Minggu kunjungan ditiadakan," terangnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, kata Heti, selain bisa masuk Istana selama 15 menit, kali ini di Istana Bogor ada empat museum yang baru dioperasikan.

"Kita belum tahu pasti museum apa, tapi pihak Istana bilang ini adalah suprise bagi pengujung yang akan datang ke Istana pada saat 'Istana Bogor Open' berlangsung. Jadi, teknisnya setelah masuk Istana, lalu masuk musium dan berakhir di Kebun Raya Bogor," kata Heti menerangkan.

Momen "Istana Bogor Open" menjadi hal yang dinanti-nantikan warga Bogor, karena jarang sekali bisa masuk ke dalam Istana.

Ilham (42) warga Bogor yang sejak lahir belum pernah masuk dalam Istana Bogor. Ia sangat senang bisa mendaftar kali ini karena setelah 42 tahun untuk pertama kali ia bisa melihat Istana pemerintahan Indonesia dari dekat.

"Saya tertarik ingin melihat istana, karena selama ini saya belum pernah masuk ke dalam Istana. Dengan momen ini saya sangat senang bisa masuk Istana," kata pria warga asli Bogor usai mendaftarkan dirinya.

Heti mengatakan, pendaftaran "Istana Bogor Open" berlangsung selama enam hari, gratis tidak dipungut biaya. Pihaknya tidak menargetkan jumlah pendaftaran, diprediksikan jumlah pengunjung melebihi tahun sebelumnya karena bertepatan dengan hari libur sekolah.

"Jangan khawatir tidak kebagian, asal cepat mendaftar selama waktu yang disediakan, yakni dari tanggal 7 hingga 12 Juni dengan jam operasi dari pukul 08:00 WIB sampai 15:00 WIB," imbau Heti.

Teknis saat mengujungi Istana Bogor, para pengunjung yang sudah mendaftar akan dibagi dalam 10 kelompok, satu kelompok berjumlah 300 orang.

Kujungan pertama dijadwalkan pukul 08:30 WIB, lalu dilanjutkan 09:00 WIB dan selanjutnya. Para pengujung akan di pandu oleh pemandu dari Istana yang akan memperkenalkan apa saja yang ada didalam Istana.
(T.KR-LR/P003)