Rabu, 07 Juli 2010

Bunga Bangkai TWM

Source www.mekarsari.com



Mekarnya Bunga Bangkai di TWM


Tumbuhan ini memiliki dua fase dalam kehidupannya yang muncul secara bergantian, fase vegetatif dan fase generatif. Pada fase vegetatif muncul daun dan batang semunya. Tingginya dapat mencapai 2,5m. Setelah beberapa waktu (tahun), organ vegetatif ini layu dan umbinya dorman. Apabila cadangan makanan di umbi mencukupi dan lingkungan mendukung, umbi tersebut akan muncul bunga majemuknya.
Bunganya sangat besar dan tinggi, berbentuk seperti lingga (sebenarnya adalah tongkol atauspadix) yang dikelilingi oleh seludang bunga yang juga berukuran besar. Bunganya berumah satu dan protogini : bunga betina reseptif terlebih dahulu, lalu diikuti masaknya bunga jantan, sebagai mekanisme untuk mencegah penyerbukan sendiri. Hingga tahun 2005, rekor bunga tertinggi di penangkaran dipegang oleh Kebun Raya Bonn, Jerman yang menghasilkan bunga setinggi 2,74 m pada tahun 2003. Pada tanggal 20 Oktober 2005, mekar bunga dengan ketinggian 2,91 m di Kebun Botani dan Hewan Wilhelma, Stuttgart, juga di Jerman. Namun demikian Taman Wisata Mekarsari, pernah mekar pula di mekarsari mencapai ketinggian 2,30 m, diameter bunga 130 cm, warna mahkota bunga merah tua, dengan spadik berwarna kuning keemasan yang mekar penuh pada jam 21.00 WIB malam hari tanggal 12 Noperber 2009. Bunga mekar sampai layu perlu waktu 12 hari kemudian layu. Apabila bunga terjadi pembuahan maka akan terbentuk buah-buah berwarna merah dengan biji di pada bagian bekas pangkal bunga. Biji-biji ini dapat ditanam. Setelah bunga masak, seluruh bagian generatif layu. Pada saat itu umbi dorman. Apabila mendapat cukup air, akan tumbuh tunas daun dan dimulailah fase vegetatif kembali. Karena keunikan bunga ini, bunga ini sering diperjual belikan oleh manusia.
Untuk bulan Juli 2010 di Taman Wisata Mekarsari akan ada mekar bunga bangkai Amorphopallus titanum. Calon bunga ini memiliki berat umbi 9 kg, mulai muncul tunas bunga awal juni, tanggal 5 juli ketinggian mencapai 90 cm, sedangkan tanggal 6 juli tingginya sudah mencapai 103 cm dengan spadik bunga warna kuning. Bunga diperkirakan mekar tanggal 14 – 23 juli 2010. Dengan ketingian bunga 180 - 200 cm. dengan diameter bunga 120 cm .Pada umumnya pengunjung Taman Wisata Mekarsari pingin mengabadikan gambarnya dengan foto bersama teman atau keluarga dan menikmati baunya. Bunga yang indah dan besar jadi perhatian khusus pengunjung mekarsari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar