Selasa, 24 April 2012

Peringati Hari Bumi 2012

source : www.kotabogor.go.id

Peringati Hari Bumi 2012, Pemkot Bogor Gandeng Blue Green Community.


Pemerintah Kota Bogor menjalin kerjasama dengan Blue Green Community akan memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April mendatang.  Kegiatan Hari Bumi di Kota Bogor akan diisi dengan Seminar Hari Bumi di Gedung Akuntansi Universitas Pakuan Bogor Sabtu, (21/4/2012).

Ketua Pelaksana Earth Cares Event Eka Ruliansyah menjelaskan,  seminar yang mengusung tema “Sosialisasi mitigasi, adaptasi perubahan iklim serta penanggulangan sampah rumah tangga untuk menekan laju pemanasan global” yang melibatkan peserta dari berbagai kalangan masyarakat dari perwakilan SMA se-Kota Bogor, mahasiswa, dan oeserta umum daru Kota Bogor  dan kota lainnya.

Seminar akan menghadirkan beberapa pembicara yaitu Ulyani, ST (Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor), Marjuki, Msi (BMKG), dan Chrisandini (WWF Indonesia). “Earth Cares Event  merupakan serangkaian kegiatan sebagai bentuk partisipasi dan peran aktif  Blue Green Community dalam rangkaian  memperingati Hari Bumi 2012, “ jelasnya.

Eka  menyebutkan, beberapa kegiatan yang dilakukan adalah Rid Litter yaitu kegiatan bersih-bersih sampah lingkungan, Aksi Solidaritas dengan membubuhkan cap tangan menggunakan tinta warna diatas spanduk putih sebagai simbol dukungan terhadap peringatan Hari Bumi 2012.

Kegiatan Rid Litter telah dilaksanakan pada Sabtu 14 April lalu  di ujung hulu Pulo Geulis Kelurahan Babakan Pasar Bogor bekerjasama dengan Komunitas Peduli Ciliwung Bogor. “Ini upaya aktif Blue Green Community untuk menambah pemahaman terhadap permasalahan sampah yang ada di kota Bogor. Dari kegiatan ini berhasil dikumpulkan 19 karung sampah yang terkumpul dari sungai  Ciliwung,”ungkapnya.



Sedangkan untuk menarik simpati dan dukungan masyarakat kota Bogor terhadap Hari Bumi 2012, Blue Green Community akan melakukan Aksi Solidaritas dengan meminta suka rela warga Bogor membubuhkan cap tangan dengan menggunakan tinta diatas spanduk putih sebagai simbol dukungan untuk peringatan Hari Bumi 2012.

Menurut Eka, tujuan serangkaian kegiatan memperingati Hari Bumi ini untuk meningkatkan wawasan masyarakat mengenai isu - isu lingkungan dalam ruang lingkup lokal maupun global. “ Ini harus mendapatkan  perhatian lebih dari kita semua, sehingga kita dapat melakukan perubahan pola pikir dan pola hidup yang ramah lingkungan”, bebernya

Ia menambahkan, perubahan pola pikir dan pola hidup yang ramah lingkungan tidak dapat dibangun dalam sekejap mata. “Makanya kami mengajak seluruh elemen masyarakat bersama – sama untuk saling membangun hal tersebut guna tercapainya kehidupan yang lebih baik, “ imbuhnya.(yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar